Urus Paspor Anak (Online)

Published Desember 15, 2013 by Mom Ciput

Mau urus paspor Anak tanpa ribet?

Bukan promosi ya, hehehe. Cuma mau sharing pengalaman pribadi. Banyak isu yang beredar sana sini kalau urus paspor ribet, panas, antri, banyak calo. Sebelum ini saya sudah coba urus paspor pribadi secara online, berhubung katanya urus paspor bisa dimana aja (tidak tergantung area domisili), jadi pilih yang searah dengan kantor di Imigrasi jakarta barat (depan museum fatahilah).

Tapiiiii, karena domisili ada di Jakarta selatan, akhirnya pilihan untuk urus paspor anak ada di Imigrasi Jakarta Selatan di daerah buncit raya. Kalau lewat tiap hari kayaknya ini imigrasi gak pernah sepi pengunjung, dari subuh juga udah rame.

Yang harus disiapkan, Scan semua dokumen ini dalam bentuk .jpg tidak lebih dari 5MB ukurannya ya:

1. Akte kelahiran

2. Kartu keluarga

3. Surat nikah (ayah/ibu)

4. Surat pernyataan ijin dari orang tua (ttd diatas materai 6000) (terlampir)

5. Paspor (ayah/ibu)

Semua dokumen ini di fotokopi, discan, dan diupload ke website Paspor Online si: http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

Ikuti semua langkah pengisian di website tersebut, jangan lupa masukkan email yang aktif digunakan karena semua info nanti akan dikirim ke alamat email tersebut.

Pilih tanggal akan datang ke kantor imigrasi yang dipilih (jangan ubah tanggal ya saat udah dipilih)

Setelah semua diisi dan proses selesai di website tersebut, maka kita akan dapat email konfirmasi (cek di folder spam/bulk), print bukti untuk pembayaran.

Langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran ke kantor BNI terdekat dengan membawa hasil print bukti daftar sebesar Rp. 200rb (plus 5000 biaya admin bank)

Pada saat tanggal yang sudah dipilih, datang pagi (jam 6) untuk antri nomer paspor online (antrian berbeda dengan paspor biasa). Untuk jakarta selatan, pintu depan ditutup sampe jam 8, jadi kita antri di luar (anak2 tidak usah datang dulu). Setelah dapat nomer (jam 8) baru anak2 kita tiba di tempat, agar tidak terlalu lama menunggu di kantor imigrasi.

Semua berkas (fotokopi dan asli) serta bukti bayar dimasukkan ke dalam MAP yang diberikan oleh pihak imigrasi, tunggu panggilan di loket penyerahan dokumen. Setelah diperiksa, maka kita tunggu di loket wawancara dan foto.

Baju yang digunakan untuk wawancara harus berwarna selain putih, untuk yang berjilbab, jilbab harus berwarna selain putih.

Biasanya dalam sehari kalau kita datang pagi jam 11 sudah selesai semua proses. Paspor jadi dalam waktu 3 (tiga) hari kerja.

Pengambilan di loket khusus.

Gampang kan Mom… hehehe yuuk dicoba, biar anak kita juga tau proses pembuatan paspor demi memajukan sistem imigrasi Indonesia

Salam edukasi :) surat ijin paspor anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: