Travelling untuk Ibu Bekerja yang Menyusui

Published Juni 20, 2012 by Mom Ciput

Pengalaman pribadi nih.

Awal pas tau mau ada penugasan keluar kota selama 3-4 hari dan road show keliling Indonesia, sempet deg-degan, cukup gak ya ASInya. Berhubung udah tugas, dan kebetulan anak sudah lebih dari 6 bln usianya jd untuk dijadikan alasan kok ya malu. Tapi diri ini masih pingin anak full ASI gak campur. Ya udah dilakoni ajah. Ini dia pengalamanku:

1. Periksa skedul roadshow dan kalau bisa ada jeda waktu untuk tetap bersama dengan anak sekitar 3-4 hari.

2. Cek stok di freezer, minimum bisa untuk stok 4 hari.

3. Berhubung ini perjalanan menggunakan pesawat, dimana waktu tempuh ke airport di jakarta ini sangat luarrrr biasa, jadilah bawa cooler bag yang bisa menahan hingga lebih dari 8 jam.

4. Sedia kantong plastik mambo ukuran 100 ml (pilih yang tanpa klip alias polos karena yang klip suka bocor pada saat beku).

5. Cooler bag beserta peralatan perang selalu dibawa kemana2 termasuk ke atas cabin pesawat, petugas airport biasanya mau mengerti jika kita terusterang bahwa yang kita bawa adalah ASI

6. Tidak semua hotel menyediakan kulkas di kamar terutama hotel bintang 3, kadang kulkasnya juga ga ada freezernya. Jadi setiap abis merah minta ke bagian restoran untuk menyimpankan ASIP ke dalam freezer. Nah perintah ini harus jelas nih, karena pernah udah sampe 3 kali ngasih tau untuk masuk freezer sama petugas dimasukin kulkas biasa, pdhl aku stay 3 hari disitu.

7. Bawa blue ice yang banyak dan yang mampu menahan lebih dari 8 jam, kita harus memperhitungkan jarak tempuh airport sampai ke rumah

8. Lebih praktis menggunakan plastik mambo, karena tempat di cooler bag yang tidak memungkinkan untuk membawa botol.

Jadi deh, setiap pulang dinas, ASIP siap untuk diberikan lagi ke si kecil, tapi kalau bisa ada jeda untuk pergi lagi, biar latch on nya masih jalan ke si kecil, alias supaya gak bingung puting.

Selamat bekerja Mom..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: