Posisi Menyusui (Breastfeeding position)

Published Maret 29, 2012 by Mom Ciput

ASI EKSKLUSIF selama 6 bulan adalah yang terbaik untuk Anak kita. Gimana caranya supaya bisa memberikan ASI eksklusif, salah satunya adalah posisi Menyusui yang tepat. Berikut adalah beberapa posisi menyusui yang bisa dijadikan acuan

 

 

Posisi menyusui : (sumber : http://www.mayoclinic.com)

1. Cross-cradle hold
Menyusui dapat canggung pada awalnya. Cobalah berbagai posisi sampai Anda merasa nyaman.

Posisi ini  sangat ideal untuk awal menyusui. Duduk tegak di kursi yang nyaman dengan sandaran lengan. Pegang bayi melintang di lengan kebalikan dari payudara Anda yg disusui  – tangan kiri untuk payudara kanan, lengan kanan untuk kiri. Pegang kepala bayi dengan telapak tangan Anda. Tempatkan tangan lainnya di bawah payudara Anda dalam suatu pegangan berbentuk U dan membimbing mulut bayi ke payudara Anda. Jangan membungkuk atau bersandar ke depan. Sebaliknya, dekatkan bayi dekat dengan payudara Anda. Badan bayi menempel pada perut Ibu.

2. Cradle hold

Posisi ini mirip dengan posisi cross-craddle, tapi Anda memegang bayi dengan lengan pada sisi yang sama dengan payudara yang disusui, bukan lengan yang berlawanan. Seperti pada cross- cradle, duduk tegak – sebaiknya di kursi dengansandaran lengan. Letakkan bayi dan kepalanya di lekuk siku Anda saat ia menyusui. Untuk dukungan tambahan, tempatkan bantal di pangkuan Anda. Jangan lupa, badan bayi menempel dengan perut Ibu dimana posisi telinga atas satu garis lurus dengan badan Bayi.

3. Football hold

Posisi lainnya adalah Football hold. Posisi ini dapat menjadi pilihan yang baik jika Andabaru pulih dari bedah caesar, Anda memiliki payudara besar atau anda menyusui dua bayi sekaligus.
Pegang bayi Anda di sisi Anda, dekat dengan siku Anda. Dengan tangan terbuka, pegang kepala bayi Anda dan menghadapi dia ke payudara Anda.Bayi di lengan Anda. Lebih baik jika Anda membentuk suatu pegangan berbentuk C pada payudara Anda dengan tangan lain. Untuk kenyamanan, taruh bantal di pangkuan Anda dan menggunakan kursi dengan lebar tanpa sandaran lengan.

4. Side-lying hold

Posisi berbaring dapat membantu mendekatkan bayi ke payudara Anda dengan benar pada hari-hari awal menyusui, terutama setelah caesar. Ini juga merupakan pilihan yang baik saat Anda lelah – meskipun sangat penting untuk kembali bayi ke tempat tidur sendiri untuk tidur. Berbaringlah di sisi Anda dan menghadapi bayi terhadap payudara Anda. Pegang payudara Anda dan kemudian menyentuh puting ke bibir bayi. Setelah masuk, gunakan lengan bagian bawah untuk mendukung kepala Anda sendiri dan tangan atas dan lengan Anda untuk membantu badan bayimenempel tegak lurus antara telinga atas dengan badan bayi.

Posisi favorit saya adalah side-lying hold, atau posisi berbaring. Selain karena saya caesar ini ngebantu banget untuk saya tidur. Tapi yang perlu diperhatikan pada posisi ini adalah, jangan sampai bayi tertimpa badan Ibu atau untuk berpayudara besar sebaiknya awal2 tidak menggunakan posisi ini, takutnya hidung bayi tertutup payudara ibu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: